Friday, 28 March 2014

WILLIAM JAMES

Tokoh Fungsionalisme

William James dalam aliran fungsional adalah ahli psikologi dan filsuf  Amerika Serikat. Ia lahir di kota New York pada tahun 1842. James mengawali karirnya di bidang akademik dengan menjadi pengajar fisiologi dan anatomi di Universitas Harvard pada tahun 1872. Dari kedua bidang itulah pada akhirnya james mendalami dan mengembangkan bidang psikologi sebagai generasi pertama di bidang tersebut (Helyar, 2007). Khusus untuk psikologi pendidikan James menyatakan bahwa bidang ini memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk mengarahkan perilaku dan kebiasaan sebagai hasil dari belajar. Dan seperti halnya John Dewey, ia meyakini bahwa belajar yang baik harusnya didasari oleh kehidupan nyata.

William James (1842-1910)

William James menekankan betapa pentingnya para guru untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan minat para siswanya. Dengan memahami keduanya maka menurut William James akan lebih mudah mengarahkan siswa untuk mengembangkan perilaku yang baik. Belajar akan lebih efektif jika anak ditempatkan dalam lingkungan yang memberi mereka kebebasan dan motif yang kuat (Pajares, 2009). James menentang peradigma lama yang memperlakukan siswa sebagai pikiran kosong yang harus diisi oleh guru. James memiliki keyakinan bahwa manusia, terutama pikiran dan perasaannya, adalah persifat aktif serta mengalami perkembangan kompleks dengan perbagai aspek seperti pikiran, perasaan, motif, kekuatan dan juga resistensi yang unik pada tiap individu (Barzun, 2005).



Daftar Pustaka

Website
http://fkip.wiraraja.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/TEORI-FUNGSIONAL.pdf 28-03-2014

No comments:

Post a Comment